oleh

13 Regu Ikuti LCC Wawasan Kebangsaan dan Organisasi Tingkat SLTA se-Kabupaten Beltim

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Senin (25/07/2022), menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan dan Organisasi untuk Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) sederajat se-Kabupaten Beltim.

LCC Wawasan Kebangsaan dan Organisasi yang berlangsung di Auditorium Zahari MZ ini, diikuti sebanyak 13 regu yang merupakan siswa dari perwakilan SMA, SMK, dan MA yang ada di Kabupaten Beltim.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Kepramukaan Dispora Kabupaten Beltim Adi Yusman mengatakan, LCC Wawasan Kebangsaan dan Organisasi tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Dispora Kabupaten Beltim.

“Lomba Cerdas Cermat berdasarkan hasil penjajakan atau hearing kita dengan pemuda Beltim, khususnya yang ada di sekolah-sekolah itu, mereka ingin dihadirkan kembali semacam perlombaan yang akan mempertandingkan wawasan kebangsaan, sedangkan tema organisasi itu dari Dispora sendiri”, sebut Adi yang juga sekaligus Ketua Panitia LCC.

Baca Juga: Cegah PMK, Sapi Sehat di Beltim Mulai Divaksin

Ia juga mengatakan, masing-masing regu terdiri dari 3 orang siswa. Selanjutnya, masing-masing regu akan mengikuti dua sesi perlombaan, yakni sesi penyisihan dan sesi final. Pemenang lomba nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan plakat serta piagam.

“Juara satu akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah, Juara dua sebesar 2,5 juta rupiah, Juara tiga sebesar 2 Juta rupiah, Juara empat sebesar 1,5 juta rupiah. Masing-masing juga mendapatkan piagam serta plakat”, jelasnya.

Diharapkannya, kegiatan LCC tersebut bukan hanya dimaknai sekedar lomba, namun ada pembenahan ataupun penanaman nilai-nilai dalam memahami wawasan kebangsaan bagi siswa di sekolah.

“Mudah-mudahan kedepan, akan ada kegiatan seperti ini yang mungkin juga akan dilaksanakan instansi lain. Dan mudah-mudahan nanti ada suatu segmentasi yang juga dilaksanakan oleh dinas-dinas lain menyasar kepada peserta yang lain kemudian juga menjangkau seluruh lapisan masyarakat”, harapnya.

Baca Juga: Bazar dan Donor Darah Meriahkan Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 75 di Beltim

Sementara itu, Kepala Dispora Kabupaten Beltim Amrizal mengatakan, kegiatan LCC dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan kembali nilai-nilai kebangsaan, memaknai pentingnya arti kebhinekaan dan sebagai fasilitasi pemberdayaan pemuda serta pengetahuan seputar organisasi kepemudaan.

“Karena nilai-nilai kebangsaan sekarang ini sudah terdegradasi, kita mengetahui bahwa kebhinekaan banyak tinggal slogan, dan organisasi merupakan hal penting untuk membangun jati diri bangsa, sehingga dapat kita pertahankan”, ujar Amrizal.

Amrizal juga menambahkan, pihaknya akan berupaya agar program tersebut tetap berlanjut setiap tahunnya, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ataupun momen hari peringatan lainnya.

“Kami akan memprogramkan ini. Kami memang selalu menganggarkan kegiatan-kegiatan lomba seperti ini dan setiap tahun ada, cuma coraknya akan berbeda-beda”, pungkasnya. (***)

Baca Juga: 30 Pengkab Cabor Ikuti Raker KONI Kabupaten Belitung Tahun 2022

judul gambar