oleh

30 Pengkab Cabor Ikuti Raker KONI Kabupaten Belitung Tahun 2022

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Sebanyak 30 Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabang Olahraga (Cabor), Minggu (24/07/2022), mengikuti Rapat Kerja (Raker) Caretaker Pengurus KONI Kabupaten Belitung tahun 2022, yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Hatika Tanjungpandan, Belitung.

Pelaksanaan Raker KONI Kabupaten Belitung tahun 2022 yang dimulai pukul 14.00 WIB ini, secara resmi dibuka langsung Bupati Belitung Sahani Saleh usai menyampaikan kata sambutannya. Raker ini dipimpin oleh 6 orang Caretaker pengurus KONI Kabupaten Belitung. Turut serta hadir dalam Raker ini Ketua Umum KONI Provinsi Bangka Belitung (Babel) Ricky Kurniawan dengan didampingi sejumlah pengurus.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Babel Tinjau Pembangunan Kantor Bapas Kelas II Tanjungpandan

Ketua Caretaker pengurus KONI Kabupaten Belitung Yan Megawandi mengatakan, pelaksanaan Raker sebagai bentuk persiapan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub), untuk memilih pengurus KONI Kabupaten Belitung masa bakti 2022-2026. Menurutnya, pelaksanaan musyawarah seharusnya difasilitasi oleh pengurus KONI yang lama. Namun karena masa kepengurusannya sudah selesai, maka musyawarah difasilitasi oleh Caretaker.

“Kenapa luar biasa karena masa kepengurusan KONI yang lama masa baktinya sudah habis, dan sudah diperpanjang, tetapi itu pun belum terselenggara pemilihan kepengurusan. Maka, kami sesuai AD/ART harus membentuk Caretaker untuk membantu pemilihan pengurus baru. Dan saya diminta Ketua Umum untuk menjadi Ketua Caretaker, bersama 6 anggota Caretaker lainnya mengambil alih. Karena diambil alih Caretaker maka judulnya jadi luar biasa”, kata Yan Megawandi, ditemui awak media sebelum Raker dimulai.

Baca Juga: Kodim 0414 Belitung Gelar Komsos, Angkat Tema Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital

Raker KONI

Yan Megawandi juga mengatakan, awalnya Caretaker sudah pernah satu kali melaksanakan pertemuan dengan Pengkab Cabor pada akhir bulan Juni 2022 yang lalu. Dan menurutnya, dalam pertemuan tersebut sempat dibahas rencana pelaksanaan Musorkablub pada akhir Juli 2022.

“Target kita sebenarnya pada akhir Juli, tetapi karena ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, akhirnya kita baru bisa menyelenggarakan hari ini untuk rapat kerjanya, untuk mempersiapkan nanti musyawarahnya diperkirakan tanggal 6 Agustus, kami buat jadwal tentatifnya agar nanti tanggal 6 Agustus musyawarahnya sudah terlaksana dan sudah terpilih ketuanya”, sebut Yan Megawandi.

Dijelaskan Yan Megawandi, materi Raker tersebut membahas mekanisme dan tata cara penjaringan dan penyaringan serta persyaratan bakal calon dan calon Ketua Umum KONI Kabupaten Belitung masa bakti 2022-2026. Selain itu juga akan membentuk Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) bakal calon dan calon ketua umum KONI Kabupaten Belitung.

“Pertama kita akan membahas tentang pembentukan tim seleksinya, TPP. Yang kedua, kalau disetujui oleh floor, kami ingin menawarkan untuk kriteria calon, supaya TPP nantinya bisa langsung kerja, karena ini waktunya sudah sangat mepet. Kemudian mekanisme lainnya akan disiapkan oleh tim, kami harap sesuai dengan jadwal tentatif dalam waktu dekat ini TPP sudah mengumumkan penjaringan, dan bakal calonnya siapa saja. Setelah nanti selesai diverifikasi, maka kita sudah bisa melakukan musyawarah”, jelasnya.

Baca Juga: Polisi Gelar Reka Ulang Adegan Pembunuhan Perempuan Pemandu Lagu di Tempat Karaoke

Raker KONI

Pantauan di lapangan, pelaksanaan Raker ini menghasilkan kesepakatan antara lain kriteria dan persyaratan serta mekanisme pencalonan Ketua Umum KONI Kabupaten Belitung masa bakti 2022-2026, pelaksanaan penjaringan dan penyaringan, tugas pokok dan fungsi TPP, pengaturan waktu dan pelaksanaan kegiatan TPP, serta memilih dan menetapkan 5 orang menjadi TPP dengan komposisi 3 dari Pengkab Cabor dan 2 dari Caretaker. (yab)

Baca Juga: Guru Diwarning Agar Tidak Banyak Memberikan PR kepada Siswanya