oleh

Baznas Kabupaten Belitung Serahkan Bantuan Kepada Rohani, Warga Yang Menderita Sakit Saraf

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Selasa (19/07/2022), menyerahkan bantuan kepada Ibu Rohani warga Kampung Laut RT 19/09 Kelurahan Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung yang menderita gangguan saraf pada bagian punggung.

Penderitaan Rohani akibat sakit yang dialaminya sekitar 10 tahun belakangan ini, akhirnya sampai juga ke telinga Baznas Kabupaten Belitung. Istri dari Edyar ini mengalami gangguan saraf pada bagian punggung sehingga memaksa dirinya harus banyak berbaring di tempat tidur.

Ketua Baznas Kabupaten Belitung Firmansyah SE, MH menyebutkan, pihaknya mengetahui kondisi yang tengah dialami Rohani berdasarkan informasi yang diperoleh dari rekan-rekan media serta dari WhatsApp (WA) group.

BACA JUGA: Seratus Tahun Yang Lalu

Firman juga mengatakan, berdasarkan cerita Rohani, gangguan saraf tersebut berawal dari kecelakan yang sempat dialaminya. Pada mulanya Rohani sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Namun karena tidak memiliki biaya, maka pengobatan terhenti dan hanya melakukan pengobatan kampung.

“Hampir 10 tahun beliau mengalami sakit saraf bagian punggung sehingga tidak bisa berlama-lama duduk dikursi, ataupun berjalan-jalan (aktivitas seperti biasa), hanya bisa tiduran di tempat tidur. Hal ini kami ketahui dari teman-teman media dan melalui group WA, Hari ini kami menyerahkan bantuan untuk beliau”, sebut Firman usai berkunjung ke rumah Rohani bersama pengurus Baznas Kabupaten Belitung lainnya.

BACA JUGA: Ecoprint, Peluang Bisnis Baru Berbasis Ramah Lingkungan Merambah Selat Nasik

Masih menurut Firman, selain Rohani yang saat ini mengalami sakit saraf pada bagian punggung, suaminya yang bernama Edyar juga mengalami gangguan penglihatan. Hal ini berdasarkan pernyataan dokter spesialis mata RSUD.

“Pada mata pak Edyar banyak serabut-serabut yang harus segera dioperasi di jakarta. Sementara istrinya Ibu Rohani, kondisnya juga sangat memprihatinkan. Ditambah lagi beliau ini tidak mempunyai penghasilan. Hanya menerima bantuan dari berbagai pihak, serta masyarakat setempat yang peduli dan tergerak untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka”, kata Firman.

Baznas Belitung

Sebelum menyerahkan bantuan, Baznas Kabupaten Belitung terlebih dahulu turun ke lapangan untuk mengecek kebenaran informasi yang diterima. Selain itu, juga melakukan survey terhadap kondisi dan kehidupan sehari-hari Ibu Rohani beserta keluarganya.

“Dan Alhamdulilah keluarga Ibu Rohani sangat berterima kasih adanya bantuan dari Baznas, yang mana selama ini keluarga beliau ini belum ada bantuan-bantuan yang diberikan seperti Baznas. Alhamdulillah dari Baznas ada bantuan uang untuk pengobatan Ibu Rohani sebesar 1 juta, serta bantuan rutin bulanan untuk keluarganya sebesar 200 ribu setiap bulannya”, ujar Firman.

BACA JUGA: LKBH Korpri Wujud Nyata Perlindungan Hukum Bagi ASN Pemkab Beltim

Firman menghimbau kepada masyarakat agar segera menunaikan zakat harta dan zakat profesi, karena dana-dana zakat tersebut sangat membantu orang-orang yang membutuhkan. Ia juga mengajak masyarakat untuk membayar zakat harta dan profesi pada lembaga-lembaga resmi yang diatur Undang-Undang, contohnya Baznas Kabupaten Belitung.

“Oleh karena itu kami mengajak seluruh masyarakat yang memang harta dan penghasilannya sudah mencapai nishob, agar segeralah menunaikan zakat di kantor Baznas Kabupaten Belitung, InsyaAllah amanah dan barokah. Dan bila kita membayarkan atau menunaikan zakat kepada lembaga resmi, maka penyaluran yang sudah ditetapkan Allah SWT dalam Al-quran (8 asnaf) InsyaAllah akan merata dan tercapai”, ajaknya. (yab)

BACA JUGA: Evi Nardi: Para Menteri Pembangunan G20 Akan Kunjungi Kabupaten Beltim