oleh

Pemerintah Pusat Memastikan Pelaksanaan G20 di Belitung Tetap Berjalan

judul gambar

PANGKALPINANG, pradivanews.com – Pemerintah pusat memastikan pelaksanaan The Development Working Group (DWG) G20 yang akan diselenggarakan di Belitung pada 7-9 September 2022 mendatang tetap berjalan sesuai rencana. Hal ini ditegaskan pihak Kementerian PPN/Bappenas setelah beredarnya informasi terkait pembatalan Belitung sebagai tuan rumah pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan tersebut.

“Saya telah konfirmasi ke Menteri Bapennas, dia kaget karena dirinya tidak pernah memberikan statement adanya pembatalan, melainkan mendukung penuh pelaksanaan DWG G20 Belitung. Nanti beliau akan memberikan klarifikasi terkait hal tersebut,” tegas Scenaider Siahaan selaku Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas pada Rapat Koordinasi Persiapan DWG G20 secara daring, Jumat (15/7/2022).

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengeluarkan surat nomor: B-588/M/D-1/HK.03.02/07/2022 tanggal 4 Juli 2022 yang dalam poin pertama berisi “Berdasarkan hasil koordinasi Kementerian PUPR dengan Kemensetneg dan Kemenko Bidang Perekonomian serta keuangan negara, maka penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 pada DWG di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibatalkan.”

Dijelaskan oleh Hayu Sihwati Lestari dari Kementerian Sekretariat Negara pada rapat tersebut bahwa, surat tersebut hanya ditujukan untuk Kementerian PUPR terkait skema pendanaan percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dalam mendukung acara internasional tersebut.

“Sehingga bukan maksud kami membatalkan kegiatan DWG G20 Belitung, kami hanya memastikan Perpres tidak perlu dilakukan khusus untuk substansi Kementerian PUPR,” jelasnya.

Dukungan pusat juga mengalir dari berbagai instansi, seperti Kemenko Bidang Perekonomian dan Kemenko Kemaritiman dan Investasi yang dalam rapat tersebut mendukung DWG G20 Belitung tetap berjalan sesuai rencana.

Baca Berita Sebelumnya: Pelaksanaan G20 di Bangka Belitung Dibatalkan Kementerian

Bahkan diutarakan oleh Edi Prio Pambudi dari Kemenko Bidang Perekonomian bahwa nama Belitung sebagai tuan rumah pertemuan tingkat Menteri Pembangunan sudah disampaikan pada rapat G7 sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Pj. Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin menyambut positif atas dukungan dan atensi dari berbagai pihak yang senantiasa mendukung pelaksanaan DWG G20 Belitung. Hal itu memberikan semangat kepada pihaknya untuk tetap bersemangat menyelenggarakan ajang internasional tersebut.

“Jadi saya simpulkan bahwa tidak ada yang membatalkan kegiatan DWG G20 Belitung. Tetap semangat rekan-rekan semua untuk menyukseskan acara tersebut,” pungkasnya. (***)

Sumber: babelprov.go.id

BACA JUGA: Gelar Pahlawan Nasional HAS Hanandjoeddin Terus Diupayakan