oleh

KONI Beltim Gelar Muskablub Pengkab PELTI

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), mengambil alih pemilihan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PELTI) Beltim.

Pengambil alihan pemilihan ini melalui Bidang Organisasi KONI Kabupaten Beltim. Hal ini dikarenakan masa aktif Pengkab PELTI Beltim periode 2016 – 2021, sudah lama selesai.

BACA JUGA: Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Bagikan Paket Sedekah Kurban Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Proses pemilihan ini melalui Musyawarah Kabupaten Luar Biasa (Muskablub) PELTI Kabupaten Beltim, bertempat di Ruang Rapat KONI Kabupaten Beltim, Rabu (13/07/2022).

Ketua Bidang Organisasi KONI Kabupaten Beltim Suharly mengatakan, pihaknya mengundang para pelatih tennis dan pengurus lama PELTI Kabupaten Beltim sebagai peserta Muskablub.

“Dengan Muskablub ini, kita akan melakukan penyegaran kepengurusan. Kita membentuk tim formatur dulu”, ungkap Suharly.

Menurut Suharly, hingga selesai masa kepengurusannya, PELTI Kabupaten Beltim belum juga menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) untuk pemilihan pengurus baru.

Bahkan setelah perpanjangan Surat Keputusan (SK) pengurusnya selama enam bulan, PELTI Kabupaten Beltim tidak juga melaksanakan Muskab.

“Karena saat SK perpanjangan itu belum juga melaksanakan Muskab, maka kita dari Bidang Organiasi KONI mengambil alih pemilihan pengurus dengan menggelar Muskablub. Bukan karena vakum tapi karena sudah habis masa berlaku kepengurusannya”, jelas Suharly.

BACA JUGA: PMI Cabang Belitung Terima Hibah Dari Pemkab Belitung

Dari Muskablub tersebut, terpilih pengurus baru PELTI Kabupaten Beltim masa bakti 2021-2025. Ulung Baihaki terpilih sebagai Ketua Umum. Wakil Ketua I dijabat Samsul Hairul dan Wakil Ketua II dijabat Febby Sandranita. Sekretaris dijabat Ruwah Subekti, serta Bendahara dijabat Azhari.

“Pak Ulung Baihaki terpilih secara aklamasi. Saat ini kita sedang menyusun kepengurusan dari atas sampai ke bawah,” sebut Suharly.

Pembentukan Pengurus Cabor Harus Sesuai Aturan

Sementara itu Ketua Harian KONI Kabupaten Beltim Umar Hasan mengatakan, pembentukan pengurus Cabang Olahraga (Cabor) di bawah naungan KONI harus sesuai dengan aturan, yang tertuang dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga yang berlaku.

Muskablub Pelti Beltim

“Kalau ada Pengkab yang sudah habis masa berlakunya namun belum menggelar Muskab, maka KONI akan mengambil alih. Hanya untuk Pengkab Cabor yang sudah habis masa berlakunya. Jadi untuk menghindari kevakuman atau ketidak aktifan, maka kita lakukan (Muskablub) sesuai aturan yang ada”, terang Umar.

BACA JUGA: Bupati Belitung Melepas Kontingen Pelajar Untuk Mengikuti Popda Babel

Dengan adanya legitimasi kepengurusan, Umar berharap para Pengurus Cabor dapat lebih fokus memajukan olahraga dan meningkatkan prestasi atlit. Saat ini perlu adanya persiapan matang dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Porprov) Babel VI tahun 2023 mendatang.

“Kalau Kepengurusan baru sudah terbentuk, Pengkab Cabor akan lebih fokus untuk persiapan Porprov nanti”, pungkas Umar. (*/yab)

judul gambar