oleh

Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Bagikan Paket Sedekah Kurban Kepada Masyarakat Kurang Mampu

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Rabu (13/07/2022), membagikan paket sedekah kurban berupa daging sapi dan sembako kepada 179 masyarakat kurang mampu di 7 Kecamatan dalam wilayah kabupaten Beltim.

Pembagian paket sedekah ini merupakan program terbaru Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim yang disebut Sedekah Kurban-ASN Bersedekah. Masing-masing penerima paket sedekah, mendapatkan daging sapi serta tiga kilogram beras, satu kilogram gula, satu liter minyak goreng dan 6 bungkus mie instan.

BACA JUGA: JPU Kejari Belitung Bacakan Tuntutan Terhadap Sepasang Kekasih Terdakwa Pencurian Handphone

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Sarjano mengatakan, dari program Sedekah Kurban, panitia berhasil mengumpulkan kurang lebih Rp 70 juta. Sedekah atau sumbangan ini berasal dari pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di lingkungan Dinas Pendikan, Pengawas Sekolah serta guru-guru Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Beltim.

“Ini bukan kurban tapi sedekah kurban, karena kalau kurban ada syariatnya. Dari sedekah kurban yang kita kumpulkan, kita mampu membeli dua ekor sapi kurban dan 200 paket sembako,” ungkap Sarjano seusai pembagian secara simbolis paket sedekah kurban di Ruang Pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim.

Paket Sedekah Kurban

Lanjutnya, paket-paket sedekah kurban didistribusikan melalui koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang ada di tiap kecamatan. Selanjutnya koordinator kecamatan yang menentukan masyarakat penerima paket sedekah kurban tersebut.

“Jadi kepada siapa paket akan diberikan, koordinator yang menentukan. Mereka yang lebih tahu. Insyallah saya yakin mereka akan memberikan kepada masyarakat yang benar-benar berhak,” ujar Sarjano.

BACA JUGA: Kualifikasi Pendidikan Pegawai Honorer Pemkab Beltim Didata

Masih menurut Sarjano, sedekah kurban merupakan program perdana yang baru dilaksanakan tahun 2022 sejalan dengan program ASN Bersedekah. Pihaknya berkomitmen untuk terus menggelar program ini pada tahun-tahun berikutnya.

“Insyallah program ini banyak manfaatnya, terutama untuk memupuk rasa empati kita kepada sesama yang membutuhkan. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa membantu atau memberikan sedekah lebih banyak lagi,” tukas Sarjono.

Bupati Bersyukur Banyak ASN Mau Bersedekah

Sementara itu Bupati Beltim Burhanudin mengaku sangat beryukur atas kepedulian ASN di Pemkab Beltim, yang sudah mau bersedekah dan berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu. Ia berharap melalui ASN bersedekah ini, nantinya masyarakat kurang mampu akan semakin banyak yang terbantu.

“Pertama kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN di Kabupaten Beltim. Di hari kurban kemarin sudah bersedekah untuk membeli hewan kurban. Kita berharap kegiatan seperti ini terus digalakkan”, kata Burhanudin.

Paket Sedekah Kurban

Ia juga mengatakan, ASN Bersedekah merupakan salah satu jalan untuk mensucikan rezeki yang diterima setiap bulannya. Melalui ASN Bersedekah, menurutnya banyak nilai positif yang dapat diambil.

“Kita ingin kawan-kawan ASN berpikir positif atas apa yang kita lakukan hari ini. Semoga ini bisa diikuti oleh kawan-kawan lain yang belum tergerak hatinya, sehingga nanti mau ikut bersedekah pada tahun selanjutnya”, sebutnya.

BACA JUGA: 138 Peserta Ikuti Kegiatan Sosialisasi Pramuka Garuda

Orang nomor satu di kabupaten Beltim ini juga berharap agar kegiatan ASN Bersedekah atau kegiatan serupa lainnya, terus berkelanjutan. Bukan hanya dilakukan pada tahun ini saja, tapi terus dilakukan pada tahun berikutnya.

Hadir dalam kegiatan penyerahan sedekah kurban yang berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim, antara lain para kepala sekolah, para tokoh pendidikan serta mantan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim. (*/yab)

judul gambar