oleh

Kualifikasi Pendidikan Pegawai Honorer Pemkab Beltim Didata

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) melakukan pendataan kualifikasi dan klasifikasi pendidikan terhadap 1.879 pegawai honorer.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Beltim Ikhwan Fachrozi mengatakan, pendataan dilakukan sebagai persiapan menghadapi regulasi yang akan dikeluarkan Pemerintah Pusat. Pegawai honorer yang didata ini tersebar di berbagai Organisasi Perangkat Daerah.

“Kita telah mendata tenaga honorer yang ada di Belitung Timur. Pertama kita sudah mendata jumlahnya. Dari jumlah tersebut kita memilah-milah tingkat pendidikannya, yang sarjana kualifikasi pendidikannya apa saja, D3-nya apa saja, sampai tamatan sekolah dasar,” ungkap Ikhwan Senin, (11/07/2022).

BACA JUGA: PT Angkasa Pura II Dorong Kemampuan UMKM Mitra Binaan

Menurut Ikhwan, tujuan pendataan ini berkaitan dengan rencana pengalokasian atau penempatan pegawai honorer pada jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.

“Sampai hari ini kita menunggu kebijakan pusat, kita meyakini Pemerintah Pusat sudah menemukan formulasi yang tepat. Kita di daerah masih menunggu formulasi tersebut,” sebut Ikhwan.

BACA JUGA: Bulan Bakti PT Timah, 85 Anak Ikuti Khitanan Massal

Dari informasi yang diterimanya, tenaga cleaning servise, sopir hingga kebersihan nanti akan menggunakan sistem outsourcing. Kualifikasi pendidikannya dari SD hingga SMA sederajat.

“Kita sudah siapkan datanya. Ini akan kita gunakan dalam menentukan mana yang akan menjadi tenaga outsourcing,” jelas Ikhwan.

Sedangkan untuk pegawai honorer yang setara S1 ataupun D3, Pemkab Beltim akan mengusulkan melalui penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Kita ajukan kuota melalui P3K, dengan tujuan mengurangi jumlah pegawai honorer yang ada di Beltim,” pungkas Ikhwan. (*/yab)

BACA JUGA: Kabupaten Beltim Bisa Belajar Banyak dari Belitung

judul gambar