oleh

Dalam 5 Hari Belitung Expo 2022 Raih Omzet 1 Miliar Lebih

BELITUNG, pradivanews.com – Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Selasa (05/07/2022) malam, secara resmi menutup kegiatan Belitung Expo 2022 yang berlangsung di Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

Even tahunan yang digelar Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung ini sudah berlangsung sejak dibuka pada hari Jumat tanggal 1 Juli lalu, dan berakhir hingga Selasa tanggal 5 juli 2022.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-184 Kota Tanjungpandan (HJKT) ini diikuti 138 peserta, yang membuka stan di Belitung Expo 2022.

BACA JUGA: Bulan Bakti PT Timah, 85 Anak Ikuti Khitanan Massal

Ketua Panitia Belitung Expo 2022 Budi Swasta mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama lima hari di Pantai Wisata Tanjung Pendam ini mampu menghasilkan omzet hingga Rp.1.1 Miliar lebih.

Omzet penghasilan ini merupakan hasil transaksi beberapa klaster, yakni pedagang kaki lima sebesar Rp.475.560.000, Gaspol Rp.346.106.000, tanaman hias Rp.45.388.000, mie kupi dan kue Rp.167.000.000, kriya Rp.42.500.000, dan klaster tenda roder Rp.85.000.000.

“Capaian omzet yang terkumpul selama kegiatan tahun ini, melebihi omzet pada event tahun sebelumnya. Artinya antusias masyarakat sangat luar biasa,” sebut Budi Swasta dalam menyampaikan laporan kegiatan.

BACA JUGA: 59 Warga Dapat Bantuan Stimulan Untuk Pembuatan Rumah

Ia berharap agar kegiatan Belitung Expo 2022 bisa menjadi stimulan bangkitnya perekonomian masyarakat, khususnya UMKM di Kabupaten Belitung. Selain itu juga menjadi motivasi pelaku usaha agar tetap berkarya dan berinovasi dalam mengembangkan usahanya.

Sehingga meningkatnya pemahaman para pelaku UKM buat mengembangkan dan menggali potensi dalam meningkatkan produksi, pengemasan, pemasaran, serta membuka wawasan UKM agar lebih maju dan berkembang dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Jadi kami harapkan Belitung Expo 2022 bisa sebagai wadah pemberdayaan UMKM dalam mengembangkan usaha dan kreativitas produksi yang sempat terpuruk saat masa pandemi covid dua tahun terakhir,” ujar Budi Swasta.


Wabup: Peserta Yang Tidak Tampil Tahun Depan Jangan Diakomodasi Lagi

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie memberikan apresiasi kepada para pelaku UMKM Belitung yang masih tetap tumbuh menghadapi badai pandemi selama dua tahun.

BACA JUGA: PT Angkasa Pura II Dorong Kemampuan UMKM Mitra Binaan

Ia mengimbau seluruh pelaku UMKM agar tidak berpuas diri dengan hasil yang sudah tercapai. Sebab para pesaing dengan modal besar terus menjadi ancaman di dunia usaha.

“Belitung Expo 2022 ini menunjukkan jika UMKM Belitung berubah signifikan. Mulai dari isi, kemasan, story telling, rasa hingga jumlah produksinya,” kata Isyak Meirobie.

Isyak juga mengapresiasi jajaran panitia dan event organizer yang membuat acara lebih rapi. Meskipun masih terdapat kelemahan karena beberapa stan tampak masih kosong.

“Hal ini menjadi catatan bagi yang tidak hadir tahun ini, tahun depan jangan akomodasi lagi. Karena ini komitmen sampai bertemu di event Belitung Expo 2023,” pungkas Isyak Meirobie.(*/yab)

BACA JUGA: Berita Duka: Eman Hermawan Berpulang ke Rahmatullah

judul gambar